AUDIT MUTU INTERNAL (AMI) 2023 PROGRAM STUDI S1 MANAJEMEN
I. TUJUAN DAN HASIL YANG DIHARAPKAN
1. Tujuan
- Membantu evaluasi program studi dalam mempersiapkan kelengkapan dokumen penjaminan
mutu, sebagai tolak ukur penilaian berdasarkan instrument yang ditetapkan.
- Membekali Program Studi dalam melaksanakan SPMI.
- Mendorong Program Studi melaksanakan sistem penjaminan mutu internal dalam
menyeleraskan standar pendidikan dalam pelaksanaan akademik.
- Mendorong tumbuh kembang budaya mutu di Program Studi se UNIBA
- Mendorong perbaikan penyelenggaraan program studi berdasarkan system penjaminan mutu
internal
- Mendorong perguruan tinggi UNIBA melakukan evaluasi diri sebagai persiapan menghadapi
Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT).
- Membangun sistem penjaminan mutu UNIBA dengan mengimplementasikan
- standar-standar mutu UNIBA dalam rangka pencapain Visi dan Misi UNIBA.
2. Hasil yang diharapkan
- Program Studi dapat membuktikan dan meperlihatkan dokumen-dokumen mutu sebagai
tolok ukur penilaian mutu akademik sesuai dengan standar mutu akademik yang tertuang
dalam instrumen mutu akademik.
- Teridentifikasi kelemahan-kelemahan Program Studi dalam kelengkapan dokumen mutu
akademik.
- Terselenggaranya pelaksanaan SPMI UNIBA menuju prinsip perbaikan berkelanjutan (kaizen).
- Tersebarnya informasi tentang sistem penjaminan mutu internal sebagai upaya menuju
budaya mutu di UNIBA.
- Meningkatnya pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan program studi dalam
mempersiapkan diri menghadapi akreditasi eksternal.
II. MATERI KEGIATAN
1. Diskusi dan Wawancara
2. Pemeriksaan dokumern mutu
3. Borang Instrumen Audit UNIBA (Terlampir)
III. WAKTU DAN TEMPAT
Waktu : Desember 2022.
Tempat : Sesuai dengan Program Studi masing-masing
IV. PESERTA DAN PELAKSANA AUDIT
1. Peserta terdiri dari : Program Studi S1 = 2 , S2 = 2 dan S3 = 1
2. Pelaksana Audit: LPM UNIBA = 3 orang
3. Auditor SPMI = 2 orang.
V. TEMUAN AUDIT (Terlampir)
- Hasil temuan Audit : berupa hart Copy dan solf copy seluruh Fakultas/Prodi dilaporkan
kepada
Rektor Universitas Batam
- Hasil temuan Audit : berupa hart Copy dan solf copy masing-masing Fakultas/Prodi
disampaikan kepada Dekan se UNIBA.
VI. ORGANISASI PENYELENGGARA
Penanggungjawab : Prof. Indrayani, SE., MM., PhD
- Pengarah : Prof. Dr. Ir. Chablullah Wibisono, MM (Wr. I)
Dr. Anggelina Rumengan, SE., MM (Wr. II)
Dr. Gita Indrawan, MM (Wr. III)
- Kordinator Audit : Dr. Sri Yanti, SE., MM
- Auditor : Risqi Utami, S.ST., M.Biomed
Abdul Malik, ST., M.Ak
VII. KESIMPULAN
Hasil temuan Audit terhadap 5 Program Studi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Batam
berdasarkan wawancara/diskusi dan pemeriksaan dokumen mutu sesuai dengan instrument
mutu UNIBA dapat disimpulkan :
1. Semua Prodi dilingkungan telah melaksanakan Sistem Penjamin Mutu Internal.
2. Pimpinan Fakultas sudah mengerti dan memahami SPMI.
3. Prodi sudah melengkapi dokumen mutu dengan baik namun masih ada beberapa yang
kurang
4. Prodi telah membuat Manual Prosedur, SOP dan IK
5. Semua BAPEM Fakultas dan GKM prodi yang telah dibentuk di Fakultas telah
melaksanakan tugasnya, namun harus lebih ditingkatkan
VIII. REKOMENDASI TEMUAN AUDIT
Untuk Pelaksanaan SPMI dengan baik maka LPM merekomendasikan dan meminta
tindak lanjut kepada Rektor dan jajaran terkait sebagai berikut :
1. Memanggil semua Dekanat dan unsur Pimpinan Prodi secara parsial untuk membicarakan
hasil temuan audit.
2. Meminta kepada semua Pimpinan Fakultas dan Prodi untuk melengkapi dokumen -
dokumen yang berkaitan dengan mutu akademik.
3. Membuat kontrak kerja dengan pimpinan Fakultas dan Prodi untuk melengkapi dokumen
mutu dengan batas waktu yang disepakati..
4. Rektor diminta untuk mengalokasikan anggaran biaya untuk melaksanakan program SPMI
IX. PENUTUP
Demikian laporan ini kami sampaikan kepada Rektor UNIBA. Hal ini untuk menjadi dasar bagi
perbaikan mutu dan akreditasi program studi sekaligus menjadi dasar untuk dilaksanakan
Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi UNIBA. Atas segala perhatian dan kerjasama yang baik, kami
ucapkan terima kasih.
Laporan Hasil AMI S1 Manajemen